Tuesday 26 December 2017

21 Permainan Tradisional di Banyumas Yang Sudah Jarang Dimainkan

21 Permainan Tradisional di Banyumas Yang Sudah Jarang Dimainkan

Permainan tradisional di Indonesia saat ini sudah jarang dimainkan oleh anak-anak, termasuk di Banyumas, Jawa Tengah. Saat ini permainan tradisional sudah banyak tergantikan oleh permainan modern sebagai salah satu akibat dari perkembangan teknologi yang sangat pesat. Sejatinya, permainan tradisional sangat baik untuk perkembangan anak seperti ketangkasan, kreatifitas, sosial, dan sebagainya. Tentu ini berbeda dengan kebanyakan permainan modern saat ini yang lebih banyak berdiam diri dengan menatap layar dan individualis. Tidak hanya itu, permainan tradisional juga kebanyakan dimainkan bersama-sama lebih dari satu orang, sehingga banyak terjadi interaksi dan sangat baik untuk melatih kerja sama, kejujuran, kebersamaan, dan saling menolong. Terlepas dari itu, tentunya permainan tradisional maupun permainan modern ada sisi positif dan negatifnya. Namun, permainan tradisional merupakan warisan budaya yang menurut saya sangat baik untuk dilestarikan dan dijaga karena ini merupakan keberagaman yang tidak semua negara memilikinya. Permainan tradisional inipun sebaiknya dikenalkan lagi pada anak-anak dan adik-adik kita agar mereka juga tahu betapa kayanya negeri ini. Berikut saya ingin berbagi beberapa jenis permainan tradisional yang sering dimainkan di Banyumas:

1. Egrang

www.cerita-indonesia.blogspot.com
Permainan ini biasa dimainkan oleh anak-anak baik laki-laki maupun perempuan. Permainan yang terbuat dari bambu ini sangat baik untuk melatih keseimbangan dan ketangkasan anak-anak. Cara membuatnyapun simpel dan mudah dan bahan-bahan-nya snagat mudah ditemukan.

2. Dir-Dir-an (Bermain Kelereng)

www.ngawiramah.com
Dir-diran (Bahasa Banyumasan Dir adalah kelereng) adalah permainan yang sangat terkenal bagi anak-anak. Dir-diran atau bermain kelereng sangat menarik dan menyenangkan. Permainan ini dilakukan lebih oleh satu orang sehingga sangat baik untuk melatih bersosialisasi dan berinteraksi. Dir-diran inipun banyak jenis dalam cara memainkannya. Biasanya yang menang akan mendapatkan kelereng banyak bergantung jenis permainannya. Jadi bisa koleksi kelereng dengan berbagai jenisnya.

3. Kom-Kom-an (Kelereng)

www.youtube.com
Kom-kom an adalah sejenis permainan yang menggunakan kelereng. Permainan ini harus dimainkan minimal dua orang dan boleh oleh banyak orang. Cara bermainnya adalah dengan membuat lubang sekitar diameter 5 cm di tanah. Kemudian para pemain harus bisa memasukan dir atau kelereng ke dalam lubang tersebut untuk menguasai lubang itu. Jika ada kelereng lain yang mendekat maka akan diincar dan menambah poinnya. Permainan ini akan berlanjut sampai semua pemain kalah kecuali satu pemenang yang sudah mencapai poin penuh dan mengalahkan pemain lain.

4. Gobag

www.masirul.com
Permainan gobag ini ada beberapa jenisnya. Namun yang paling terkenar adalah gobag sodor. Permainan ini harus dimainkan oleh banyak anak yang terbagi menjadi dua tim. Satu tim penjaga dan satu tim penyerang. Tim penyerang harus sampai di titik finish tanpa tersentuh atau tertangkap oleh tim penjaga. Tim penjaga adalah menjaga pertahanannya yang dibuat sebelumnya yang berbentuk garis-garis segi panjang kotak-kotak. Biasanya terdiri dari 6-8 kotak yang terbagi antara kanan dan kiri. Permainan ini sangat seru dan akan sangat baik untuk melatih ketangkasan, strategi, dan konsentrasi. Jika tim penyerang tersentuh atau tertangkap maka dianggap kalah dan akan berganti peran menjadi tim penjaga. Sedangkan tim penjaga menjadi tim penyerang.

5. Kasti

www.aturanpermainan.blogspot.com
Kasti memang permainan yang sangat terkenal. Permainan ini juga harus dilakukan oleh banyak anak dan terbagi menjadi dua tim yaitu tim yang bermain dan tim yang menjaga. Pemain harus memukul bola kasti dengan kayu sekuatnya dan tim penjaga harus berusaha menangakap bolanya yang kemudian akan dilempar ke tim pemain. Jika tim pemain terkena bola maka tim penjaga akan bermain dan tim pemain berganti menjadi tim penjaga. Permianan yang sangat seru dan membuttuhkan banyak stamina karena harus berlari dan menghindar.

6. Lompat Karet

www.goognewsfromindonesia.id
Permainan ini juga harus dimainkan oleh banyak anak yang terbagi menjadi dua im yaitu tim pemain dan penjaga. Tim penjaga akan memegang ujung karet yang sudah disusun sedemikan rupa seperti tali. Sedangkan tim pemain harus berusaha melompati karet tanpa menyentuhnya. Jika menyentuhnya, maka akan bergantian ke tim penjaga. Untuk tinggi tali karetnya biasanya disesuaikan bertingkat atau berlevel dari yang terendah ke yang tertinggi mulai dari lutut, perut, dada, telinga, kepala, sejengkal diatas kepala, hingga paling tinggi semerdeka yaitu tangan diangkat ke atas. Tentu yang paling tinggi yang paling sulit. Tim dengan pemain  berpostur tinggi dan lompatannya tinggi tentu akan sangat diuntungkan.

7. Strimingan

www.msdailylife.wordpress.com
Permainan ini masih menggunakan karet yang disambung-sambung sehingga menjadi tali yang panjang. Permainan yang dimainkan lebih dari 3 pemain ini akan sedikit menguras stamina karena pemain harus melompat-lompati karet yang diputar oleh dua orang lainnya tanpa tersangkut di karet tersebut. Jika tersangkut maka pemain kalah dan akan bergantian. Permainan ini sangat bagus unutk melatih ketangkasan dan kecekatan anak-anak.

8. Cak-Cak-an (Kejar-Kejaran)

www.ricologi.blogspot.com
Cak-cakan atau kejar-kejaran ini adalah permainan yang sangat bagus untuk melatih ketangkasan dan kecepatan karena pemain harus berlari terus hingga dia mengenai mangsanya. Permainan ini sangat menyenangkan jika dimainkan oleh banyak anak. Satu anak menjadi yang memburu, dan yang lain menjadi yang diburu. Jika pemburu ini dapat menyentuh salah satu yang diburu, maka dia akan menjadi pemburu dan harus memburu pemain yang lain dan tidak boleh memburu pemain yang baru saja menyentuhnya begitu seterusnya.

9. Panggal (Gasing)

www.dimasfan.com
Panggal adalah bahasa Banyumasan untuk gasing yang terbuat dari kayu. Panggal ini ada berbagai bentuk dan ukurannya bergantung selera. Untuk membuat panggal yang bagus yang memilih kayu yang bagus juga yaitu yang keras dan tahan lama. Permainan ini sangat seru jika dimainkan di tanah dan saling menghantamkan panggal ke panggal yang lain atau bisa juga adu lama berputar panggal. Panggal akan dililit dengan uwet (tali yang terbuat dari kain yang dililit) kemudian dilepaskan dengan cepat akan panggal berputar. Namun, dalam bermain panggal harus berhati-hati agar panggal tidak mengenai badan kita karena akan terasa sakit.

10. Lithongan (Petak Umpet)

www.lu-nu.blogspot.com
Lithongan mungkin saat ini terasa aneh didengar karena sudah jarang diucapkan. Lithongan ini lebih terkenal dengan petak umpet. Satu pemain menjadi penjaga akan menutup mata dan akan hitung mundur biasanya30 detik, sedangkan yang lainnya akan bersembunyi. Setelah waktu habis, maka penjaga ini akan mencari yang lain hingga semua ketemu sampai akhir. Jika salah satu katahuan, maka dia akan kalah dan bergantian menjadi penjaga.

11. 
Sentlupan (Jedoran)

www.hiho.club
Sentlupan ini banyak namanya, ada jedoran dll. Permainan ini terbuat dari bambu yang kecil dengan pelurunya terbuat dari kertas yang dibasahi. Cara kerjanya mungkin seperti senapan. Jika terkena pelurunyapun akan terasa sakit. Biasanya permainan ini dimainkan seperti main tembak-tembakan.

12. Gatheng

www.kimiawannu.com
Gatheng ini mungkin permainan yang banyak digemari oleh anak perempuan karena membutuhkan ketelitian dan skill khusus. Bermain menggunakan batu kecil yang banyak dan dengan aturan main yang unik juga. Namun, permainan ini juga biasanya dilakukan oleh anak laki-laki.


13. Dam-Dam-an

www.tradisionalisme.blogspot.com
Dam-daman ini mungkin sejenis permainan bertahan dan menyerang seperti catur. Permainan ini berupa garis yang dibentuk sedemikian rupa dan batu atau genteng dengan dua kelompok yang berbeda. Dua pemain yang saling menyerang bergantian untuk memakan habis pasukannya dan juga bertahan. Pemain yang berhasil memakan semua pasukan lawan akan menjadi pemenangnya.

14. Ular-Ularan (Kereta-Keretaan)

www.permainan-tradisional.com
Permainan yang terlihat seru dan ceria ini akan lebih menyenangkaan jika dimainkan oleh banyak anak. Dua orang sebagai terowongannya, dan yang lainnya sebagai ular atau keretanya. Setelah mereka berputar masuk keluar terowngan maka dengan tiba-tiba dua orang yang sebagai terowongan tersebut akan menangkap salah satu ularnya dengan acak. Biasanya dia akan ditanya-tanya dan harus menjawab. Selain itu, anak-anak yang menjadi ularnyapun biasanya menyanyikan lagu dari permainan ini.

15. ABC-an

www.bintang.com
ABC-an adalah permainan yang sangat bagus untuk melatih pengetahuan anak-anak. Permainan akan semakin seru jika dimainkan beramai-ramai. Para pemain harus menunjukan jarinya bebas dengan jumlah berapa. Kemudian salah satu akan menghitung abjadnya dari A-Z. Jari terakhir adalah abjad terakhir yang akan menjadi acuannya. Mereka harus menyebutkan nama-nama yang sudah ditentukan sebelumnya (misal nama buah, hewan, negara, dll). Jika salah satu pemain gagal maka dia kalah dan harus keluar dari permainan sampai ada satu pemain yang menang.

16. Engklek

www.permainan-tradisional.com
Engklek yaitu permainan dengan mengangkat salah satu kaki dan kemudian melompati bagian-bagian dari lintasan sudah ditentukan sebelumnya. Biasanya berupa gambar kotak-kotakk di tanah dan harus mengikuti alur yang sudah ditentukan. Dengan bermain engklek ini akan melatih ketangkasan kaki dan tentunya akan sangat seru jika beramai-ramai.

17. Dolanan Lempung (Tanah Liat)

www.bitypic.com
Lempung atau tanah liat aalalah jenis tanah yang mempunyai tekstur liat dan mudah dibentuk. Bermain lempung ini sangat menyenangkan karena bisa membentuk karakter yang diinginkan. Selain itu, dengan bermain lempung ini juga melatih kreativitas dan  imajinasi anak-anak. Lempung ini biasanya ada dibagian kedua tanah. Untuk memudahkan, biasanya tanah liat ditambahkan sedikit air agar lebih liat dan lentur sehingga mudah dibentuk.

18. Plinthengan (Ketapel)

www.imamrahmanto.com
Plinthengan ini lebih dikenal dengan ketapel. Dengan bahan kayu yang mempunyai cabang berbentuk V atau juga bisa buat sendiri, karet, tali, dan sedikit bantalan makan anak-anak bisa dengan mudah membuat ketapel. Namun, bermain ketapel bisa berbahaya karena pelurunya biasanya dari batu sehingga jika terkena tembakan ketapel akan terasa sakit.

19. Cengklungan (Congklak)

www.mainantradisionalindonesia.wordpress.com
Cengklungan atau yang biasa disebut congklak ini juga permainan yang menarik. Dengan kayu yang dilubangi sedemikian rupa dan batu-batu kecil makan anak-anak sudah bisa bermain cengklungan ini. Jiika tidak ada kayu, menggunakan gambarpun bisa yaitu dengan menggambar seperti pola cengklungan di tanah, batu, ataupun dilantai. Biasanya pemain harus bisa mendapatkan batu sebanyak-banyaknya sesuai aturan permainan.

20. Thung-Thung Balung

www.plus.google.com
Permainan ini biasanya dilakukan dengan menumpuk kepalan tangan berselang seling dengan menyanyikan lagu thung thung balung. Lagunya kurang lebih seperti ini " Thung thung balung ketiban jamur kenthung sawiji kempes" (Jika salah benerin ya). Mereka menyanyikan ini sampai semua kepalan tangan kempes. Mungkin sederhana, tapi permainan ini seru dan menyenangkan.

21. Dolanan Gambar

www.dutailmu.co.id
Dolanan gambar ini banyak jenisnya seperti teplekan, bank2n, dan sebagainya. Gambarnyapun bervariasi sesuai dengan kartun ataupun apapun itu yang menarik. Para pemain akan mengoleksi gambar sebanyak-banyaknya. Permainan yang sederhana namun menyenangkan.

Itulah beberapa permainan yang dulu sering dimainkan di Banyumas, namun saat ini sudah sangat jarang dimainkan. Atau mungkin anak-anak sekarang malahan sudah tidak mengenal permainan tradisional ini. Tentunya masih banyak permainan lainnya yang belum disebutkan karena begitu banyaknya. Berbagai jenis permainan tradisional ini juga banyak nama-namanya yang biasanya berbeda di tiap daerah. Permainan yang menyenangkan dan tidak dapat digantikan dengan permainan modern saat ini. Adakah yang masih sobat ingat? mana nih permainan favorit sobat? namanya sama atau berbeda? bisa berbagi di sini. Semoga bermanfaat.

Baca juga: How to Make Lanting Special from Banyumas   How to Make Nopia (Usually Called Mino: Mini Nopia) Special from Banyumas   Jajanan Sekitar UNNES 2017, Part 2!  My Amazing Moment in Sindoro Mountain   10 Permainan Tradisional Unik Anak-Anak di Banyumas Yang Sudah Jarang Dimainkan   16 Makanan Tradisional di Banyumas Yang Sudah Jarang Ditemukan

3 comments:

  1. assalamualaikum,
    maaf mas untuk link keterangan gambar itu bukan kimiawannu.blogspot.com tetapi kimiawannu.com

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam

      Terima kasih Mas Hanif atas koreksinya. Sudah saya koreksi.

      Delete
  2. Terima kasih atas informasinya, sangat informatif dan bermanfaat. Jangan lupa kunjungi website Universitas Islam Negeri Walisongo: walisongo.ac.id

    ReplyDelete

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts