Friday 29 December 2017

16 Makanan Tradisional di Banyumas Yang Sudah Jarang Ditemukan

16 Makanan Tradisional di Banyumas Yang Sudah Jarang Ditemukan

Bicara soal kuliner di Indonesia memang tidak ada habisnya. Beragam olahan makanan dari berbagai bahan makanan mulai dari yang tradisional sampai yang modern sangatlah beragam di setiap daerah di Indonesia. Mungkin saat ini sudah begitu banyak makanan-makanan modern yang mulai menggeser makanan tradisional di hati masyakat. Makanan tradisional yang kini mungkin sudah sulit ditemukan ataupun hanya di saat-saat tertentu saja. Seperti halnya di Banyumas, berbagai macam warisan kuliner tradisional nusantara dapat di temukan di sini. Olahan makanan tradisional dari bahan umbi-umbian dan bahan-bahan lainnya menjadi pelengkap dalam kehidupan masyarakat di Banyumas. Namun, mungkin bermacam makanan tradisional tersebut sudah jarang ditemukan karena berbagai faktor seperti banyaknya makanan-makanan modern dan gengsi yang di anggap makanan ndeso. Walau begitu, makanan tradisional memiliki rasa yang khas dan nikmat yang perlu untuk dilestarikan. Berikut beberapa makanan di Banyumas yang sudah jarang ditemukan:

1. Intil 


www.nurfaizianshori.blogspot.co.id

Intil adalah jenis makanan yang terbuat dari singkong. Setelah singkong dikupas dan dibersihkan kemudian diparut halus. Setelah itu, parutan diperas dan diuleni, ditambahkan ampas dan gula jika diinginkan. Setelah itu, kukus hingga matang. Intil biasanya dimakan untuk pengganti nasi karena mengandung banyak karbohidrat. Selain intil, ada juga oyek yang mirip dengan intil.

2. Awug-Awug

www.youtube.com
Awug-awug adalah jenis makanan yang terbuat dari singkong dengan cita rasa manis dan gurih dengan tambahan parutan kelapa. Singkong diparut kemudian diuleni dengan tambahan parutan kelapa dan gula. Untuk mempercantik warna biasanya ditambah berbagai warna seperti merah atau hijau. Kemudian letakan adonan di atas loyang, kemudian dikukus hingga matang. Tidak hanya enak, awug-awug ini juga mengenyangkan.

3. Cimplung

www.twitter.com
Makanan yang satu ini tentunya sangat khas dengan rasa manis dan gurihnya, cimplung. Makanan ini biasanya terbuat dari singkong yang kemudian direbus di nira kelapa yang mendidih hingga matang dan tekstur singkongnya lembut. Singkong dengan  balutan nira yang akan menjadi gula merah ini sangat nikmat dan tentunya mengenyangkan juga. Cimplung biasanya banyak dibuat oleh penderes atau yang biasa membuat gula merah.

4. Ciwel

www.resepnusantara.id
Masih seputar makanan berbahan dasar singkong, ciwel adalah salah satunya. Singkong diparut, digiling, dan dikukus, kemudian diberi warna hitam atau juga bisa warna original. Ciwel ini biasanya dinikmati dengan parutan kelapa muda agar tambah nikmat. Rasanya yang unik ini sangat digemari sebagai cemilan.

Baca Juga:

5. Gembus

www.masakandapurku.com
Olahan singkong memang tidak ada habisnya, seperti gembus ini. Singkong yang diparut dan diuleni dengan tambah berbagai bumbu kemudian dibentuk menjadi lingkaran. Setelah itu, diamkan sebentar dan goreng hingga matang. Rasanya yang original dan gurih ini sangat nikmat dinikmati dengan secangkir kopi. Gembus ini juga mengenyangkan karena banyak mengandung karbohidrat.

6. Gendar

www.kabarkuliner.com
Makanan yang satu ini terbuat dari nasi yang ditumbuk dengan bumbu tertentu hinngga teksturnya menjadi padat. Gendar ini biasa dimakan langsung atau dengan pecel dan sambal kacang. Selain bisa dimakan langsung, gendar juga bisa dibuat kerupuk. Caranya adalah dengan mendiamnkan gendar sekitar sehari hingga agak mengeras, kemudian diiris-iris kecil seperti kerupuk biasanya. Keringkan, dan kemudian goreng. Maka kerupuk gendarpun siap.

7. Gesret

www.tempatwisataindonesia.id
Kembali ke bahan utama singkong. Gesret ini terbuat dari singkong diparut tapi dengan ukuran yang lebih besar alias tidak lembut. Bisa ditambahkan gula mmerah ataupun tanpa gula. Kemudian kukus hingga matang. Untuk menikmati gesret ini bisa ditambahkan parutan kelapa muda.

8. Getuk

www.ccokpad.com
Makanan yang satu ini mungkin sudah sangat terkenal, getuk. Terbuat dari singkong yang dikukus kemudian ditumbuk hingga halus dan teksturnya kenyal menyatu. Yang suka manis, biasanya bisa ditambahkan gula merah hingga tercampur merata. Getuk ini bisa dinikmati dengan parutan kelapa ataupun juga bisa digoreng.

9. Grontol Jagung

www.blog.kulina.id
Grontol jagung ini mungkin tidak setiap musim ada ya karena biasanya ada ketika musim panen jagung. Jagung dirontokan dari bonggolnya kemudian dikukus hingga matang. Setelah itu, angkat dan campurkan dengan parutan kelapa muda dan sedikit garam. Rasanya tentu gurih dan enak, dan yang yang pasti mengenyangkan.

10. Karag

www.cookpad.com
Karag, atau sejenis kerupuk ini juga merupakan olahan dari bahan singkong. Tapi, untuk membuatnya membutuhkan proses yang agak lama dan agak susah. Rasanya tentu seperti kerupuk pada umumnya. Namun, karag ini lebih khas dengan rasa singkongnya yang masih kental. Makanan ini cocok untuk makan pakai nasi, soto, ataupun juga bisa dibestak (bumbu pedas manis).

Baca Juga:

11. Kenyas

www.duniapengetahuan.com
Kenyas atau yang lebih dikenal dengan tape singkong ini memiliki tekstur yang lembut. Rasanya yang manis gurih akan membuat penikmatnya ketagihan. Kenyas ini terbuat dari singkong yang difermentasi. Oleh karena itu, jika mengkonsumsi kenyas jangan berlebihan dan secuupnya saja.

12. Lemet

www.agrowindo.com
Ada lagi nih olahan dari bahan singkong, yaitu lemet. Singkong yang sudah diparut kemudian diuleni dengan tambahan sedikit parutan kelapa muda (bisa juga tanpa parutan) dan sedikit gula merah atau sesuai selera. Kemudian dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus hingga matang. Rasanya manis gurih dan pastinya mengenyangkan.

13. Lemper

www.masfikr.com
Lemper adalah olahan dari beras ketan yang diisi dengan daging, abon, atau juga serundeng. Beras ketan dikukus hingga matang, kemudian bentuk-bentuk sekepalan tangan dan pipihkan. Isi ketan tersebut dengan isian yang diinginkan kemudian dikukus kembali hingga matang. Rasanya sangat gurih dan teksturnya yang agak lengket akan menambah rasa nikmat lemper ini.

14. Meniran

www.rina-dapurmanis.blogspot.co.id
Meniran adalah makanan yang terbuat dari beras yang dibungkus menggunakan daun pisang kemduian dikukus hingga matang. Beras yang dipilih adalah beras yang kecil-kecil atau yang sudah tidak utuh lagi. Bisa ditambah beberapabumbu seperti garam dan parutan kelapa untuk menambah cita rasanya.

15. Tepleng

www.cookpad.com
Tepleng juga merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama singkong. Singkong diparut halus kemudian dicampur dengan berbagai bumbu seperti garam dan bawang putih dan diuleni hingga merata. Bentuk adonan menjadi bulat dan kemudian pipihkan. Setelah itu goreng adonan hingga matang. 

16. Utri

www.youtube.com
Utri atau naga sari ini makanan yang sangat enak dan gurih dengan isian pisang matang dan manis di dalamnya. Utri biasanya terbuat dari tepung singkong yang kemudian diuleni dan ditambahkan potongan pisang di dalamnya dan dibungkus dengan daun pisang. kemudian kukus utri hingga matang.

Demikian beberapa makanan tradisional di Banyumas yang biasa dinikmati. Mungkin beberapa makanan sudah jarang ditemukan dan beberapa masih sering ditemukan. Sebagai warisan kuliner Indonesia, seharusnya berbagai macam makanan ini harus dilestarikan dan dijaga. Di beberapa daerah mungkin namanya berbeda ataupun proses pembuatannya yang berbeda. Apa nih nama di daerah sobat semua? bisa berbagi di sini. Semoga bermanfaat.


2 comments:

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts